Contact

Sewa villa murah di puncak dengan harga terjangkau

Untuk info silahkan hubungi kami.

081383450245   081383450245

raider_street@yahoo.co.id   raider_street@yahoo.co.id

   Yahoo! Messenger:

CS1:  raider_street

CS2:  pertama95

powered by villa murah di puncak.com
Danau Telaga Warna Puncak PDF Print E-mail

Telaga Warna

p41144611_tn_tn

 

Cuaca cerah, semilir angin yang sepoi-sepoi dipadu dengan kicauan burung di tengah hamparan kebun teh merupakan sebuah nyanyian alam yang senantiasa menunjukkan kesempurnaan harmoninya. Ini bukan sebuah ungkapan belaka, namun sebuah kenyataan yang bisa ditemukan di Taman Wisata Alam Telaga Warna.

Mungkin sudah puluhan kali melewati jalur Puncak-Cipanas, tapi sudah berapa kalikah anda mampir di TWA (Taman Wisata Alam) Telaga Warna? bisa saja jawabannya belum sama sekali. Walaupun terletak di tepi jalur Puncak-Cipanas, tepatnya sekitar 250 meter sebelum Restoran Rindu Alam dari arah Ciawi, yang merupakan salah satu jalur wisata terfavorit warga Ibukota namun tetap saja masih kalah ramai dibanding tempat-tempat wisata sekitarnya, seperti Masjid Ta’awwun, Kebun Teh Gunung Mas, Taman Safari dan yang lainnya. Padahal TWA Telaga Warna mempunyai keunikan tersendiri dengan keindahan alam dan legendanya yang dilengkapi dengan sarana dan prasarananya.

Pintu masuk Telaga Warna

Pintu masuk Telaga Warna

menuju telaga warna

menuju telaga warna

Pintu masuk telaga warna

Pintu masuk telaga warna

Alkisah dahulu kala di kawasan Puncak tepatnya dilereng Gunung Lemo kompleks pegunungan Mega Mendung terdapat sebuah kerajaan bernama Kutatanggeuhan atau kerajaan Kemuning Kewangi diperintah oleh Raja yang bernama Prabu Swarnalaya. Pada suatu masa puteri kerajaan yang bernama Gilang Rukmini memiliki keinginan agar disetiap helai rambutnya dihiasi emas permata. Karena tidak terpenuhi keinginannya, sang puteri marah dan melemparkan perhiasan yang diberikan sang baginda raja. Pada saat bersamaan timbul keajaiban, bumi berguncang dan dari permukaan tanah keluarlah air yang semakin lama semakin besar dan membentuk sebuah danau atau telaga yang membenamkan kerajaan Kutatanggeuhan beserta isinya, dan dari dasar memancar cahaya yang berwarna warni. Dari saat itulah danau/telaga tersebut diberi nama Telaga Warna.

Legenda yang lain adalah di Telaga Warna hidup dua ekor ikan purba yang konon ada sampai sekarang, ikan purba yang berwarna merah bernama si Layung dan yang hitam si Tihul. Ikan ini sangat jarang menampakkan dirinya, tetapi menurut kepercayaan masyarakat, apabila ada orang yang mampu melihat ikan tersebut berenang dan meloncat ke atas permukaan air telaga maka segala cita-citanya akan tercapai dan terkabulkan. Selain itu banyak orang yang percaya bahwa air telaga memiliki khasiat yang ampuh untuk pengobatan, sehingga banyak peziarah yang mengambil air telaga warna untuk dibawa pulang. Itulah legeda singkat tentang keberadaan TWA Telaga Warna.

Bisa keliling danau dengan perahu karet

Bisa keliling danau dengan perahu karet

Bermain Flying fox diatas telaga

Bermain Flying fox diatas telaga

Bisa bersantai di saung

Bisa bersantai di saung

Bisa juga naik

Bisa juga naik

Selain menikmati keindahan alam, kegiatan lain yang dapat dilakukan di TWA Telaga Warna adalah wisata perahu. Ada dua jenis perahu yang disewakan yaitu perahu karet dan perahu dari bambu, tinggal dipilih mana yang lebih cocok. Hanya dengan ongkos sewa Rp 10,000 per orang kita bisa sepuas-puasnya berkeliling Telaga. Fasilitas rekreasi yang dapat meningkatkan adrenalin juga tersedia seperti : Flying Fox, V Bridge, Elvis Bridge sekaligus dilengkapi dengan camping ground bagi anda yang betul-betul mau menyatu dengan alam. Hutan di kawasan TWA Telaga Warna merupakan tipe hutan tropis hujan pegunungan (Tropical Rain Forest) dengan berbagai keanekaragaman hayati. Jenis flora yang mendominasi kawasan ini diantaranya: Tebe (Sloanea Sigun), Saninten (Castanopsis Argentea) dan berbagai anggrek serta tanaman obat.

Banyak kera berkeliaran di pinggir danau

Banyak kera berkeliaran di pinggir danau

Wah...santai dulu ah..

Wah...santai dulu ah...

Satwa liar yang hampir dapat dipastikan kita temui ketika berada di Telaga Warna adalah Kera (Macaca Fascularis . Kalau beruntung hewan lain yang dapat kita temui adalah: Babi hutan (Sus Vitasus), Owa Jawa (Hylobathes Moloch), Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) dan Elang Brontok (Spizaetus Cirrhatus). Dengan berbagai fasilitas, kekayaaan flora dan fauna serta keterbatasan-keterbatasan yang ada TWA Telaga Warna bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Kawasan Puncak Jawa Barat.

By : AMGD

Cara menuju ke Telaga Warna :

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi dari pintu tol Ciawi tinggal ikutin jalan ke arah Puncak. Anda akan memasuki areal perkebunan teh, kemudian melewati masjid Ta’awwun. Kurang lebih 2 kilometer setelah Masjid Ta’awwun atau 250 meter sebelum Restoran Rindu Alam disebelah kiri jalan ada papan petunjuk Telaga Warna. Dengan kendaraan umum dari arah Bogor ambil kendaraan jurusan Cipanas. Kemudian tinggal pesan sama sang kernet minta diturunkan TWA Telaga Warna. Lokasi koordinat : S 06042.152’ E 106059.815’.

 


telaga warna
2 Comments

Image003.jpg

Image001.jpg

serene

Image006.jpg

Image011.jpg

pohon tua

pohon bolong

Image015.jpg

pesanggrahan

Image017.jpg

bunga

pine trees

trees